Desain Produk adalah
rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional,
ergonomis dan estetis sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi
penggunanya (konsumen). Biasanya produk yang telah dirancang akan diproduksi
masal secara industri. Oleh karena itu terkadang bidang studi ini juga disebut
sebagai desain industri.
Pengertian desain produk secara leksikal adalah aktivitas merancang
suatu benda yang akan diolah dan diproduksi menjadi benda yang lebih bernilai
dan bermanfaat. Produksi erat kaitannya dengan industri yang membutuhkan
teknologi, manajemen, dan parameter teknis lainnya untuk dapat beroperasi.
Ruang Lingkup Desain Produk
Ruang
lingkup yang digeluti oleh desain produk sangatlah luas, mulai dari kriya, alat
peraga, alat transportasi, hingga ke perlengkapan rumah tangga. Jika
dikelompokan secara umum, maka ruang lingkup Desain Produk dapat dibagi
menjadi:
- Desain produk peralatan
- Desain perkakas lingkungan
- Desain alat transportasi
- Desain produk kerajinan (Kriya)
Pengertian Desain Produk berdasarkan Tujuan dan Fungsinya
Pengertian desain produk menurut Ulrich & Eppinger (2008: 190)
adalah “layanan profesional dalam menciptakan dan mengembangkan konsep beserta
spesifikasinya yang mengoptimalkan fungsi, nilai, dan tampilan produk hingga ke
sistemnya agar produk lebih menguntungkan bagi konsumen maupun produsen.
Terdengar komplit sekali bukan? Tidak heran
jika desain produk harus memiliki kadar interdisiplin yang tinggi.
Ulrich & Eppinger (2008: 190) mengutip
dari Drefyus (1967) menerangkan bahwa terdapat 5 tujuan penting dalam proses
desain produk, yaitu :
Utility (Kegunaan) : Produk yang digunakan
harus aman dan mudah pada saat digunakan.
Appearance (Tampilan) : Tampilan produk harus
unik dan indah agar menjadi produk yang menarik.
Easy to maintenance (Kemudahan pemeliharaan)
: Rancangan produk tidak hanya sebatas untuk penggunaannya saja, namun harus
dirancang agar mudah untuk dirawat dan diperbaiki juga.
Low cost (Biaya Rendah) : Produk yang
dirancang harus dapat diproduksi dengan biaya yang rendah agar dapat bersaing.
Communication (Komunikasi) : Desain produk
harus dapat mengomunikasikan filosofi dan misi perusahaan atau perancang kepada
Fungsi Desain Produk
Desain produk sendiri secara objek memiliki
fungsi:
1.
Menjadi
identitas (brand) dari produk
2.
Melindungi
produk (quality control)
3.
Menambah
nilai produk
Rasanya sudah cukup jelas mengenai pengertian
desain produk setelah kita menjelajahinya dari berbagai aspek pembentuknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar