Rabu, 15 April 2020

Aspek Desain Produk


Desain Produk adalah rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis dan estetis sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi penggunanya (konsumen). Biasanya produk yang telah dirancang akan diproduksi masal secara industri. Oleh karena itu terkadang bidang studi ini juga disebut sebagai desain industri.
Pengertian desain produk secara leksikal adalah aktivitas merancang suatu benda yang akan diolah dan diproduksi menjadi benda yang lebih bernilai dan bermanfaat. Produksi erat kaitannya dengan industri yang membutuhkan teknologi, manajemen, dan parameter teknis lainnya untuk dapat beroperasi.

Ruang Lingkup Desain Produk
Ruang lingkup yang digeluti oleh desain produk sangatlah luas, mulai dari kriya, alat peraga, alat transportasi, hingga ke perlengkapan rumah tangga. Jika dikelompokan secara umum, maka ruang lingkup Desain Produk dapat dibagi menjadi:
  1. Desain produk peralatan
  2. Desain perkakas lingkungan
  3. Desain alat transportasi
  4. Desain produk kerajinan (Kriya)
Pengertian Desain Produk berdasarkan Tujuan dan Fungsinya
        Pengertian desain produk menurut Ulrich & Eppinger (2008: 190) adalah “layanan profesional dalam menciptakan dan mengembangkan konsep beserta spesifikasinya yang mengoptimalkan fungsi, nilai, dan tampilan produk hingga ke sistemnya agar produk lebih menguntungkan bagi konsumen maupun produsen.
Terdengar komplit sekali bukan? Tidak heran jika desain produk harus memiliki kadar interdisiplin yang tinggi.
Ulrich & Eppinger (2008: 190) mengutip dari Drefyus (1967) menerangkan bahwa terdapat 5 tujuan penting dalam proses desain produk, yaitu :
Utility (Kegunaan) : Produk yang digunakan harus aman dan mudah pada saat digunakan.
Appearance (Tampilan) : Tampilan produk harus unik dan indah agar menjadi produk yang menarik.
Easy to maintenance (Kemudahan pemeliharaan) : Rancangan produk tidak hanya sebatas untuk penggunaannya saja, namun harus dirancang agar mudah untuk dirawat dan diperbaiki juga.
Low cost (Biaya Rendah) : Produk yang dirancang harus dapat diproduksi dengan biaya yang rendah agar dapat bersaing.
Communication (Komunikasi) : Desain produk harus dapat mengomunikasikan filosofi dan misi perusahaan atau perancang kepada

Fungsi Desain Produk
Desain produk sendiri secara objek memiliki fungsi:
1.      Menjadi identitas (brand) dari produk
2.      Melindungi produk (quality control)
3.      Menambah nilai produk
Rasanya sudah cukup jelas mengenai pengertian desain produk setelah kita menjelajahinya dari berbagai aspek pembentuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar